Brecek.desa.id : Dalam Acara Juguran RTIK Purbalingga di Desa Karang Talun, Kec. Bobotsari pada hari Sabtu, 04 Februari 2017 pada sore hari sekitar pukul 16.30 WIB hadir pula Bp. Latif dari 8Villages  guna mengenalkan Aplikasi Petani berbasis Android. Diharapkan dengan aplikasi ini, dunia Pertanian akan semakin maju dan kesejahteraan Petani meningkat.

aplikasi-petani

Ada beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi Petani maupun Aplikasi Petani Jateng, yaitu :

  1. Fitur tanya jawab, sebagai media untuk bertanya bagi Petani kepada pakar dan pakar akan menjawab masalah petani kapanpun dan dimanapun, sehingga masalah dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.
  2. Fitur Artikel, berisi informasi tambahan seputar pertanian yang berguna untuk  memperkaya wawasan dan meningkatkan kualitas pertanian
  3. Fitur Toko, yang bisa dimanfaatkan oleh Petani untuk menjual dan mempromosikan  produk hasil pertanian dengan harapan hasil pertanian terjual dengan harga yang lebih baik.
  4. Lapor Panen,berfungsi untuk melaporkan hasil panen. Informasi hasil panen dapat diakses dengan akurat, mudah dan jelas sehingga memberikan kemudahan calon Pembeli dalam mendapatkan informasi komoditas pertanian
  5. Fitur Survey/ Pinjaman KUR, bagi Petani yang membutuhkan bantuan dana untuk operasional produksi pertanian, dapat mengajuakan permihonan KUR, upload dokumen dan pengisian formulir melalui aplikasi ini. Pihak pemberi pinjaman dapat melihat rekam jejak petani dalam produksinya dan dengan mudah memverifikasi pinjaman.
  6. Informasi Pupuk, berisi informasi tentang pupuk bersubsidi dan menghindari adanya peredaran pupuk palsu.
  7. Fitur Informasi Cuaca, berisi update terkini informasi cuaca dari BMKG

 

Cara untuk mengaktifkan Aplikasi Petani di HP/Andoid adalah melalui Playstore, kemudian Download Aplikasi Petani Jateng dari 8Villages,kemudian Registrasi dengan mengisi formulir yang tersedia. (Admin Website desa Brecek )