Brecek.desa.id; Pada hari Kamis, 13 Juni 2019 di Aula Aboebakar Kecamatan Kaligondang diadakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang diikuti oleh Sekdes atau Perangkat Desa dari 18 Desa di wilayah Kecamatan Kaligondang.
Sebagai narasumbernya adalah Billy Jodhy Setiawan dan Pradita Novianti dari Kominfo Kabupaten Purbalingga.
Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Pelatihan SID di Owabong Cottage pada tanggal 19 s/d 20 Februari 2019 yang lalu.

Tampak Sdr. Billy Jody Setiawan saat memberikan materi SID di hadapan peserta Bintek

Sistem Informasi Desa (SID) itu sendiri merupakan seperangkat alat dan metode pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya berbasis komunitas di tingkat desa. Pengelolaan SID berpegang pada prinsip partisipatif, transparan, akuntabel, inklusif, dan berkelanjutan. SID menjadi sarana untuk mengelola data penduduk, data potensi desa, serta informasi publik desa.

Peserta Bintek tampak serius mengikuti pelatihan

 

Aplikasi yang digunakan dalam sistem ini adalah SID versi 3.1. Data utama yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sistem ini adalah adanya data penduduk desa yang bersangkutan, untuk itu sebelum mengoperasikan sistem ini para pengelola SID harus menyiapkan data penduduk secara lengkap untuk kemudian diolah dan diimpor ke dalam sistem ini.

Dengan penerapan SID ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik menuju pelayanan yang prima. Misalkan saja bila ada masyarakat yang akan membutuhkan Surat Keterangan dari desa diharapkan pelayanan akan lebih cepat terselesaikan.Untuk mewujudkan ini tentu saja membutuhkan action atau tindakan yang nyata. Karena itulah perangkat desa sebagai pengelolanya dituntut untuk terus belajar dan berusaha agar harapan tersebut segera terwujud.(NH)