Brecek.desa.id : Pada hari Sabtu 4/2/2017 telah diadakan kegiatan Juguran Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Purbalingga yang bertempat di desa Karangtalun Kec. Bobotsari.

img-20170204-wa0009

Juguran RTIK yang pertama ini mengusung tema “Desa, Media Sosial dan Hukum” dengan menghadirkan narasumber utama Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi RI, Ibu Mariam F. Barata

Pembentukan RTIK Purbalingga sendiri, digagas oleh sejumlah admin website desa yang tergabung dalam Agen Perubahan Informatika (API), pada kegiatan Juguran API ke 4 yang dilaksanakan di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar, Rabu 4 Januari 2017, yang kemudian dibahas secara intensif dengan salah satu personil Gerakan Desa Membangun, Sukarni yang biasa kami panggil mba Enjel. Dan rencana pembentukan RTIK Purbalingga semakin mengerucut setelah diadakan pertemuan pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2017.

Keanggotaan RTIK sendiri berasal dari latar belakang yang beragam mulai dari admin website desa.id, blogger, mahasiswa, dosen, PNS dan terbuka bagi masyarakat secara umum khususnya yang berminat untuk menjadi relawan guna mendukung kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Purbalingga.

Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala Dinas Kominfo Purbalingga (Bp. Tri Gunawan) beserta jajarannya, Sekcam Bobotsari ( Bp. Revon ), Kepala Desa se-kec. Bobotsari, Agen Perubahan Informatika ( API ), Gedhe Foundation, Kim Lentera, Blogger, mahasiswa dan ada juga siswa SMK Binangun.

Acara dibuka dengan Pembacaan Basmallah dilanjutkan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Yang dilanjutkan laporan Panitia yang disampaikan oleh Ketua Umum RTIK ,Sukman.

Ibu Mariam F. Barata dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kebebasan dalam menulis atau berapresiasi tetap ada aturannya, karena diatur dalam UU ITE. Jangan sampai kita menyebarluaskan berita bohong (hoax ) karena bisa menimbulkan berbagai masalah seperti adanya perpecahan, pencemaran nama baik, dan lain sebagainya.

img-20170204-wa0004

Ciri-ciri pesan Hoax adalah sebagai berikut :

  1. Pesannya sepihak hanya membela atau menyerang saja
  2. Sering mencatut nama-nama tokoh seakan berasal dari tokoh itu.
  3. Memanfaatkan fanatisme dengan nilai-nilai ideologi atau agama untuk meyakinkan
  4. Judul atau tampilan provokatif
  5. Judul dengan isi atau link yang dibuka tidak cocok
  6. Minta dishare atau diviralkan.

Jadi marilah kita bijaksana dalam menggunakan media sosial, jangan menerima mentah-mentah setiap informasi yang ada. Telusuri dulu kebenarannya.

(Admin website desa Brecek)