Brecek.desa.id;Dengan banyaknya data fisik objek PBB-P2 yang belum valid dan akurat yang ditandai dengan SPPT PBB yang tidak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya,terutama karena banyaknya bangunan yang belum terdata di SPPT, Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA) Kabupaten Purbalingga mengadakan “Kegiatan Pemeliharaan Data Objek dan Subjek PBB-P2”, atau bisa disebut dengan kegiatan perbaikan data SPPT massal.¬†Kegiatan ini dilakukan di 73 Desa, yaitu desa-desa di Kecamatan Kaligondang, Pengadegan, Kejobong, Kutasari, Karanganyar dan Kecamatan Karangjambu.

Pelaksanaan Bimtek di Aula Aboebakar Kec. Kaligondang, Selasa 09 Juli 2019

Hal itu senada dengan apa yang disampaikan oleh Tim dari Bakeuda yang terdiri dari Bu Ernah (Kabid P4), Pak Isna dan Pak Teguh dalam acara Bimbingan Teknis Kegiatan Pemeliharaan Data Subjek dan Objek PBB P2 di aula Aboebakar Kec. Kaligondang pada Selasa, 09 Juli 2019 yang diikuti oleh Petugas Teknis Lapangan Desa se-Kec. Kaligondang.
Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan mulai 11 Juli 2019 s/d 30 September 2019.

Perlengkapan pendukung kegiatan perbaikan data SPPT

Jadi selama periode tersebut Petugas lapangan dari desa dibantu Bakeuda melakukan kegiatan mengukur, mendata dan melaporkan data objek dan subjek PBB-P2 tersebut ke Bakeuda. Bangunan yang ada diatasnya didata sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Tujuan dengan dilaksanakannya kegiatan ini adalah:
1. Melakukan updating, validasi dan akurasi data objek PBB-P2
2. Mewujudkan pengenaan PBB-P2 yang lebih adil dan merata
3. Meningkatkan realisasi potensi penerimaan/pokok ketetapan PBB-P2
4. Meningkatkan PAD yang bersumber dari PBB-P2 dan BPHTB.

Mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan Pemeliharaan Data Objek dan Subjek PBB-P2 ini berjalan sesuai harapan tanpa halangan yang berarti, guna mewujudkan tujuan dari Pemerintah Daerah yaitu meningkatkan Pendapatan Daerah yang nantinya kembali lagi kepada kita dalam wujud peningkatan pembangunan daerah dan kesejahteraan kita semua.(NH)