Brecek.desaid; Launching Posbindu “Lestari” di Desa Brecek dilaksanakan pada hari Senin, 30 Oktober 2017 di Aula Balai Desa mulai pukul 08.30 WIB sampai selesai. Hal itu ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Bu Kades Brecek, Siti Rokhmaningsih yang diserahkan kepada dr. Tanti Yulianti,M.M yang mewakili dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga.

Tampak Bu Kades Siti Rokhmaningsih menyerahkan potongan tumpeng ke dr. Tanti Yulianti,M.M sebagai tanda disahkannya Posbindu “Lestari” Desa Brecek

Posbindu sendiri singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu merupakan program dari Dinas Kesehatan yang kali ini dilaksanakan oleh Puskesmas Kalikajar. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi secara dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), atau sebagai sarana untuk memeriksakan diri sehingga apabila terdeteksi penyakit tidak menular seperti penyakit gula atau stroke lebih cepat tertangani, ujar Kepala Puskesmas Kalikajar, Mujiman, S.K.M.

Tampak dalam gambar, dr. Tanto Yulianti,M.M memberikan keterangan tentang kegiatan Posbindu dan cara hidup sehat

Selanjutnya dr. Tanti Yulianti,M.M (Kasi P2 Dinas Kesehatan Purbalingga), menyampaikan bahwa saat ini kebanyakan orang meninggal karena Penyakit Tidak Menular, seperti gula, ginjal, jantung dan stroke.
Hal itu bisa dihindari dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Untuk pola makan sehari-hari perbanyak makan sayur dan buah, gula dibatasi maximal 4 sendok dalam sehari, dan garam sejimpit saja.
Beliau juga menyarankan, untuk yang mempunyai gula darah tinggi agar mengikuti program Prolanis di Puskesmas,agar kadar gula dalam darahnya terkontrol. Karena penyakit gula darah kalau tidak dikontrol bisa menyebabkan penyakit yang lain, diantaranya :
1. kerusakan ginjal
2. Kebutaan
3. Jantung, dan
4. Stroke

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan diantaranya adalah Tinggi Badan, Berat Badan,Lingkar perut, lemak tubuh, lemak perut, cek gula darah, dan tensi.

Kegiatan pengecekan kesehatan dengan alat medis

Kegiatan ini adalah untuk pengecekan atau pemeriksaan, apabila terdeteksi resiko penyakit tertentu, tindakan lebih lanjut atau pengobatannya dilakukan di Puskesmas Kalikajar.
Rencana kegiatan Posbindu “Lestari” di desa Brecek ini akan dilakukan sebulan sekali. Untuk tanggalnya akan ditentukan menyusul kemudian, mencari hari yang tidak berbenturan dengan kegiatan serupa di desa lainnya.
Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kesehatan masyarakat akan meningkat, dan yang mempunyai resiko penyakit lebih cepat tertangani, dan sehat kembali. Amien .(NH)