Brecek.desa.id; Musim penghujan membuat rumput-rumput liar makin tumbuh subur.Begitupun yang terjadi di tempat pemakaman umum Desa Brecek. Ketika baru memasuki makam, yang nampak terlihat hanyalah rumput-rumput liar yang meninggi layaknya dalam hutan saja.
Pada hari Minggu ini, 03 Februari 2019, diadakan kegiatan bersih kuburan di pemakamam umum Desa Brecek, mulai jam 06.00 WIB warga Desa Brecek sekitar 70 orang mulai membabat rumput-rumput yang liar tersebut.

Kegiatan Bersih Kuburan yang dilaksanakan pada hari Minggu 03 Februari 2019

Baru setengah jalan, hujanpun turun dengan deras, terpaksa kami harus berteduh di tempat seadanya. Ada yang berteduh dibawah pohon, ada yang dibawah gapura pintu masuk pemakaman, ada yang berteduh di tempat penyimpanan keranda, bahkan ada yang berteduh dibawah atap makam. Untung saja tak lama kemudian hujan reda, dan kamipun melanjutkan kegiatan kami bersih-bersih kuburan.

Tampak Bp. Sugiman sedang mengoperasikan mesin pemotong rumput

Biasanya kalau bersih-bersih makam cukup dilakukan satu jam, namun kali ini karena begitu lebatnya rumput-rumput liar yang tumbuh di pemakaman sehingga kegiatan tersebut memakan waktu sampai 3 jam. Bahkan sampai ada yang menggunakan mesin pemotong rumput segala.Kalau saja peserta gotong royong tersebut lebih banyak, mungkin akan lebih cepat selesai.

Tampak rumput mulai berkurang karena sudah dibersihkan

Selain itu, tampak pula mahasiswa KKN dari Unsoed ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga dan semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam gotong royong bersih kuburan/makam ini. Semoga kedepannya warga yang lain ikut tergerak hatinya untuk bergotong royong bersih kuburan ini. Kalau bukan kita sendiri yang menjaga lingkungan kita, siapa lagi?(NH).