Brecek.desa.id:Untuk masa sekarang ini, kehadiran dukun bayi adalah sesuatu yang langka atau sulit untuk ditemui. Beruntung desa Brecek masih mempunyai dukun bayi walaupun usianya sudah sangat lanjut. Ni Ratem namanya atau biasa dipanggil dengan nama Ni Warid yang kini berusia 89 tahun. Warid adalah nama anaknya yang nomor 2 yang kini tinggal di Magelang. Jaman dulu orang biasa memanggil nama seorang ibu dengan nama anaknya, karena beliau sudah sepuh maka beliaupun dipanggil oleh orang-orang dengan sebutan Ni Warid, padahal nama aslinya adalah Ni Ratem.
Ni Ratem sendiri mempunyai anak 4 orang, diantaranya adalah :
1. Satiyem, usia sekitar 63 th, sekarang tinggal di Magelang
2. Warid, usia sekitar 61 th, tinggal di Magelang
3. Sarwin, usia sekitar 59 th, tingal di Desa Cilapar Kec. Kaligondang
4. Sarwinah, usia 56 th, yang tinggal bersama Ni Ratem di RT 01 RW 02 Desa Brecek
Bu Sarwinah atau biasa kami panggil mamak Inah inilah yang nantinya bakal meneruskan profesi Ni Ratem sebagai dukun bayi.
Karena Ni Ratem usianya sudah lanjut, untuk pijat bayi dan ibu bayi banyak dilakukan oleh mamak Inah ini, apalagi yang jaraknya jauh dari rumah,walaupun Ni Ratem sendiri masih sanggup untuk memijat bayi.
Walaupun disebut dukun bayi, Ni Ratem ini dukun bayi yang sudah berijazah. Jadi tidak bertentangan dengan bidan desa ataupun dengan dinas kesehatan. Misalkan kalau ibu baru melahirkan kalau jaman dulu tidak boleh tidur siang, tapi kalau sama Ni Ratem malah dianjurkan istirahat selagi bisa istirahat. Karena pada malam hari ibu-ibu yang punya bayi baru ini biasanya begadang mengurus bayinya. Jadi istirahat itu sangat diperlukan oleh ibu-ibu bayi untuk menjaga kesehatannya.
Biasanya ibu-ibu yang baru melahirkan beserta bayinya, dipijat selama 40 hari oleh Ni Ratem ataupun mamak Inah.Selagi dipijat mereka kadang memberikan tips-tips sederhana seputar merawat bayi, menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Selain badan menjadi segar, ibu-ibu tersebut juga mendapatkan ilmu dari Ni Ratem atau mamak Inah.
Itulah sekelumit kisah kami mengenai Ni Ratem, Dukun Bayi legendaris yang berada di Desa Brecek. Semoga Ni Ratem selalu diberikan kesehatan dan umur panjang.Aamiin. (NH)