Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Brecek.desa.id :Paguyuban “Bina Sejahtera” sebagai Bumdes Bersama Desa Brecek Kec. Kaligondang Kab. Purbalingga telah mengadakan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) tahun 2016 pada Kamis, 09 Maret 2017.

Berikut kami sampaikan apa dan bagaimana Paguyuban “Bina Sejahtera:

A. LATAR BELAKANG

Paguyuban “Bina Sejahtera” sebelumnya bernama “Pakopen” berdiri pada September 1980 yang anggotanya terdiri dari PNS dan Pensiunan PNS.  Setelah era reformasi “Pakopen” berganti nama menjadi “Bina Sejahtera” dan anggotanya bukan hanya PNS dan Pensiunan tapi semua warga Brecek yang berminat menjadi anggota paguyuban.

B. SUSUNAN PENGURUS

I. Susunan Pengurus Paguyuban Masa Bakti 2015 – 2017

  1. Ketua            : Edi Mulyono
  2. Sekretaris     : Yuswanto
  3. Bendahara I :  Muniah
  4. Bendahara II: Adni Unayatun
  5. Pembantu     : –

II. Badan Pemeriksa ( BP )

  1. Ketua           : Suyinah
  2. Anggota       : Nurul Hidayah

III. Keanggotaan

Jumlah anggota Paguyuban ” Bina Sejahtera” pada akhir tahun 2016 terdiri dari 136 orang, terdiri dari : Laki-laki : 59 orang, Perempuan 77 orang.

C. PERMODALAN

I. Modal Unit Paguyuban Terdiri dari :

  1. Modal Asset Desa                     : Rp. 25.935.419,-
  2. Simpanan Pokok                      : Rp.    50.000,- per anggota
  3. Simpanan Wajib                      : Rp.    1.500,- per anggota setiap bulannya
  4. Simpanan Manasuka               : simpanan sukarela
  5. Simpanan Sosial                       : Rp. 500,- per anggota

II. Kekayaan Paguyuban sampai dengan 31 Desember 2016 sebagai berikut :

  1. Sisa Kas akhir Desember 2016          :   Rp.   9.654.500,-
  2. Piutang pada Anggota                         :  Rp.  60.788.500,-
  3. Jumlah                                               : Rp. 70.443.000,-

III. Jumlah modal sampai dengan 31 Desember 2016

  1. Simpanan Pokok                                   : Rp.      5.666.000,-
  2. Simpanan Wajib                                   : Rp.     13.145.475,-
  3. Simpanan Manasuka                           : Rp.      1.958.030,-
  4. Dana Sosial                                            : Rp.      2.245.750,-
  5. Dana Cadangan                                     : Rp.     6.503.200,-
  6. Aset Desa                                                : Rp.    25.935.419,-
  7. Jumlah                                             : Rp.    55.453.874

IV. Pendapatan SHU Kotor Periode Januari – Desember 2016 adalah Rp. 70.443.000,00 – Rp. 55.453.874 = Rp. 14.989.126,-

Anggaran biaya-biaya  : ATK, Honor Pengelola, Transportasi, Rapat Pengurus, RAT dll = Rp. 1.900.000,

V. Pendapatan SHU Aset Desa : 10% x Rp. 14.989.130,-= Rp. 1.498.913,-

Pendapatan SHU Bersih = Rp. 14.989.130,    – (Rp. 1.498.913, + Rp. 1.900.000) = Rp. 11.590.217,-

VI. Rincian Pembagian SHU

  1. Anggota ” 60%
  2. Pengurus 20%
  3. Badan Pemeriksa 5%
  4. Dana Sosial 5%
  5. Cadangan 10%

D.PROGRAM KERJA

A. BIDANG ORGANISASI/ADMINISTRASI

  1. Peningkatan system dan tata kerja pengurus
  2. Peningkatan pengawasan
  3. Peningkatan keaktifan anggota pada pertemuan rutin dan rapat anggota
  4. Peningkatan keaktifan anggota terutama yang menyangkut keuangan
  5. Menjaring anggota baru

B. BIDANG KEUANGAN

  1. Pengurus berusaha agar simpanan wajib, dana sosial dan angsuran pinjaman dapat masuk secara teratur.
  2. Angsuran pinjama 10x, dengan jasa 2% per bulan
  3. Simpanan pokok tetap Rp. 50.000,-
  4. Simpanan wajib Rp. 1500,-
  5. Dana sosial Rp. 500,-
  6. Pengurus membuat laporan pertnggungjawaban pada setiap tutup tahun anggaran, dan menyelenggarakan musyawarah tentang pembagian SHU
  7. Menyelenggarakan arisan wajib dan arisan manasuka

C. BIDANG LAIN-LAIN

  1. Memberikan dana santunan dari dana sosial, bagi anggota yang meninggal dunia sebesar Rp. 100.000,- dan memberikan kepada ahli waris
  2. Memberikan bantuan kepada anggota yang menjalani rawat inap di Rumah sakit minimal 3 hari atau lebih sebesar Rp. 100.000,- sepanjang lancar membayar iuran sosial, jika tunggakan dana sosial lebih dari 3 kali, bantuan disesuaikan
  3. Menyelenggarakan santapan rohani
  4. Melaksanakan tugas perbantuan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa kepada Paguyuban Bina Sejahtera.
  5. Memberikan bantuan dana pada acara Silahturami tingkat Desa yang besarnya sesuai kesepakatan pengurus.(Sumber : Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Bina Sejahtera tahun 2016 )
Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420