Brecek.desa.id;Pencanangan Kampung KB RW 02 Desa Brecek akhirnya terlaksana pada hari Senin, 18 September 2017.Hal itu ditandai dengan Pemotongan Pita di Gapura pintu masuk desa Brecek oleh Camat Kaligondang, Dra Pandansari dan Kepala Dinsosdalduk KBP3A Kabupaten Purbalingga, Wahyu Ekonanto,SH serta penandatanganaan prasasti dan pemukulan gong oleh bu Camat Dra Pandansari.

Bapak Kepala Dinsosdalduk KBP3A Wahyu Ekonanto,SH dan Ibu Camat Kaligondang,Dra Pandansari saat pemotongan Pita pencanangan Kampung KB

 

Setelah pengguntingan pita, Bapak Kepala Dinsos dan rombongan beriringan menuju ke Balai Desa Brecek

Dalam sambutannya, Ibu Dra Pandansari selaku Camat Kaligondang menyampaikan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan atas penyelenggaraan kegiatan ini.
Adapun Kampung KB ini bertujuan untuk:
1. Meningkatkan Jumlah peserta KB aktif modern
2. Meningkatkan ketahanan keluarga melalui program kegiatan :
– Bina Keluarga Balita ( BKB )
– Bina Keluarga Remaja (BKR )
– Bina Keluarga Lansia (BKL)
– dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)
3. Meningkatkan pemberdayaan keluarga melalui kelompok UPPKS
4. Menurunkan angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (kDRT)
5. Meningkatkan Derajat Kesehatan pada umunya.

Penandatangan prasasti dan pemukulan gong oleh Ibu Camat Kaligondang, Dra Pandansari sebagai tanda diresmikannya Kampung KB di desa Brecek

Bapak Wahyu Ekonanto,SH selaku Kepala Dinsosdalduk KBP3A dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya bahwa pelaksanaan Pencanangan Kampung KB di desa Brecek ini sebagai salah satu yang terbaik di Kabupaten Purbalingga.

Ini bisa dimengerti, karena Pemdes Brecek, kader -kader BKB,BKR, BKL, PIK-R dan dibantu dari Kecamatan Kaligondang bekerja keras untuk mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya, walaupun sebelumnya sempat ditunda sampai 3 kali dari rencana awal.

Seperti penampilan grup Kasidah yang mengiringi rombongan saat jalan dari Balai Desa menuju  tempat pemotongan pita yang menambah semarak suasana. Dari tempat Pemotongan pita, saat rombongan memasuki Balai Desa mereka disambut oleh kesenian karawitan yang dimainkan oleh Grup karawitan Kencana Laras desa Brecek.

Penampilan Grup Karawitan Kencana Laras

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saat rombongan mengunjungi pos BKL,BKR, BKB Bapak Wahyu Ekonanto,SH dan rombongan tak segan mengikuti gerakan-gerakan yang diperagakan masing-masing pos. Seperti senam yang dilakukan oleh ibu-ibu Lansia di pos BKL,mereka ikut mengikuti gerakan senam tersebut.

Juga saat di pos BKB, pada saat anak-anak Balita  memperagakan gerakan jari jemari yang bergantian,mereka juga mengikutinya walau pada akhirnya mereka mengaku tidak bisa atau susah mengikutinya.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, harapan pemerintah yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dapat terwujud. (NH)