Brecek.desa.id; Seperti diketahui sebelumnya bahwa telah terjadi musibah kebakaran yang menimpa rumah Bu Walem (66 th) dan Bu Sakinah (61th) RT 04 Rw 02 Desa Brecek pada hari Kamis, 18 Januari 2018 sekitar pukul 15.30 WIB.

Situasi saat kebakaran sudah bisa dipadamkan pada hari Kamis, 18 Januari 2018

Menindak lanjuti kejadian tersebut, warga sekitar dan Pemerintahan Desa Brecek berinisiatif menggalang dana bantuan Sosial guna membangun kembali rumah tersebut.

Situasi saat penggalangan dana bantuan dari warga dan lembaga lembaga Desa, sekaligus pembentukan Timlak

Seperti yang terlihat pada hari Selasa malam, 23 Januari 2018 sekitar pukul 19.45 s/d 23.00 WIB di Balai Desa Brecek  mengadakan penggalangan dana bantuan sosial untuk korban kebakaran tersebut. Bantuan tersebut selain diperoleh dari warga Desa Brecek yang dikumpulkan secara kolektif oleh para ketua RT, juga dari lembaga-lembaga di desa Brecek diantaranya Paguyuban Bina Sejahtera, PUAP, Gapoktan (termasuk lumbung dan alsintan), Bazis, BKM (Badan Kesejahteraan Masjid), Aisyah, Majlis Taklim daan juga dari pihak luar desa yang diterima sebelumnya seperti Baznas, PMI, Dinsos, Puskesmas dan sebagainya. Total dana yang diperoleh pada malam hari itu sebesar Rp. 36.728.000,- ( Tiga puluh enam juta tujuh ratus dua puluh delapan ribu rupiah ). Selain dari itu juga ada sumbangan berupa bahan matrial, seperti seng, kayu, triplek ,pasir dan sebagainya.

Serah terima pekerjaan dari keluarga korban kepada Timlak Pembangunan Rumah

Untuk merealisasi pembangunan rumah tersebut, maka diperlukan sebuah Tim Pelaksana (Timlak) yang mengelola anggaran tersebut. Pada malam itu juga dibentuk Timlak yang anggota adalah sebagai berikut :
Ketua : Sugeng Riyadi
Sekretaris : Subiyakto
Bendahara : Barita Nauli Harahap (Ucok)

Sie Pencari Dana : Siti Rochmaningsih
Koordinator Tukang : Rifangi
Koordinator Tenaga Kerja Relawan : Sahadi dan Kasudiarto
Koordinator Sarana dan Prasarana : Sujono

Adapun rencana pelaksanaan mulai Minggu, 28 Januari 2018 s/d Rabu, 28 Februari 2018.
Untuk mengawalinya, pada hari Minggu, 28 Januari 2018 akan dilaksanakan secara gotong royong oleh warga,dibantu anggota Polsek dan Danramil Kaligondang.

Saat berita ini diturunkan, pada hari Rabu pagi, 24 Januari 2018 Timlak juga menerima bantuan dari Alumni SMA N 1 Purbalingga sebesar Rp. 5.900.000,- ( Lima juta sembilan ratus ribu rupiah ) sehingga total dana terkumpul sampai hari ini sejumlah Rp. 42.628.000,- ( Empat puluh dua juta enam ratus dua puluh delapan ribu rupiah).

Kami mewakili keluarga korban dan juga atas pemerintah Desa Brecek mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas kepeduliannya dan yang telah memberikan bantuan baik berupa materiil maupun non materiil. Hanya Allah SWT yang bisa membalas amal kebaikan anda sekalian. (NH).