Brecek.desa.id ;Di era digitalisasi ini, dimana kemajuan jaman yang terus berkembang semakin pesat, Pemerintahan Desa dituntut untuk terus belajar.
Bagaimana tidak, semua administrasi desa di jaman sekarang juga menggunakan sistem aplikasi.
Misalnya saja untuk pelayanan publik kini menggunakan aplikasi SID (Sistem Informasi Desa), dan untuk sistem keuangannya dengan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).
Bahkan mulai tahun 2019 ini, pengajuan proposal anggaran desa seperti Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan yang lainnya juga wajib menggunakan aplikasi Siskeudes.
Akibatnya banyak desa yang kalang kabut dibuatnya. Selain karena sistemnya yang baru, rumit, juga karena SDM di desa banyak yang kurang mumpuni.
Untuk mengatasi hal ini, Arif,S.Kom selaku Pendamping Desa di P3MD Kementerian Desa PDTT Wilayah Kecamatan Kaligondang mengambil langkah dengan memberikan pelatihan Siskeudes bagi perangkat-perangkat desa di Kecamatan Kaligondang.

Arif S.Kom, saat memberikan pelatihan siskeudes di Desa Cilapar Kec. Kaligondang

Dengan senang hati, beliau beserta Pendamping Desa lainnya memberikan pelatihan dari desa ke desa, diantaranya di Desa Cilapar pada Senin, 17 Juni 2019, Kembaran Wetan pada Rabu, 19 Juni 2019, Sempor Lor pada Kamis,20 Juni 2019 dan juga di desa-desa yang lainnya di Kecamatan Kaligondang.
Peranan Pendamping Desa saat ini memang sangat dibutuhkan di desa, apalagi dengan adanya aturan-aturan yang tiap tahun selalu berubah-ubah dan menuntut Perangkat Desa untuk berpikir dan belajar lebih keras lagi.

Pelatihan Siskeudes di Desa Kembaran Wetan Kec. Kaligondang

Arif,S.Kom, Pendamping Desa yang sejak Januari 2017 bertugas di Kecamatan Kaligondang ini adalah salah satu sosok pendamping Desa yang begitu peduli dengan desa.  Dengan kemampuannya,beliau memberikan pembelajaran,dan motivasi ke desa-desa. Setiap pertanyaan yang sering diajukan kepada beliau yang berhubungan dengan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan desa, siskeudes ataupun yang lainnya tentang desa, selalu beliau jawab dan sampaikan secara gamblang.

Pendamping Desa yang selalu mencurahkan perhatiannya buat Desa

Semoga beliau, dan pendamping-pendamping desa lainnya selalu ada buat desa, membantu dan memberikan motivasi bagi desa untuk lebih maju, bukan hanya maju dalam pembangunan fisik, tapi juga maju mencetak SDM desa yang lebih berkualitas. Terima kasih mas Arif, terima kasih para Pendamping Desa,teruslah berjuang bersama kami para pegiat desa. (NH)