Brecek.desa.id; Pada Hari Sabtu, tanggal 15 April 2017 bertempat di Pendopo Aboebakar Kecamatan Kaligondang, telah diadakan sosialisai Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) dengan Narasaumber dari BAKEUDA ( Badan Keuangan Daerah ) yang semula bernama Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan juga dari Bank jateng selaku Bank tempat Pembayaran PBB. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa  sebagai Petugas Pemungut Pajak dan Petugas Yang mengajukan Mutasi PBB se Kecamatan Kaligondang.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa pada tahun 2017 ini, PBB mengalami kenaikan terutama pada Bangunannya.Hal itu mengacu pada Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 12 Tahun 2017 tentang Harga Komponen Bangunan dan Upah Tenaga Kerja Sebagai Dasar Penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak Bangunan Pada Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Tahun 2017.Penyesuian diambil berdasarkan survey harga barang/jasa/material tahun 2016 x 80%, sehingga ada kenaikan NJOP Bangunan PBB-P2 Tahun 2017.
Teknis Pengajuan Permohonan Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan sebenarnya sama dengan tahun sebelumnya. Cuma karena ada perubahan nama dari DPPKAD menjadi BAKEUDA sehingga formulir pengajuan permohonannya harus ganti semua.
Adapun persyaratan pengajuan Permohonannya adalah sebagai berikut :
1. Fotocopy KTP ( ukuran kecil )
2. SSPD/bukti setoran dari Bank
3. SPPT
4. SPOP
5. LSPOP ( untuk yang ada Bangunannya )
6. Fotocopy Pernyataan/perjanjian jual beli, waris, hibah ( tidak boleh di tip ex atau dicoret )
7. Bukti Kepemilikan tanah (sertifikat/Letter C )
8. Bukti Pendukung lain ( Surat Keterangan Beda Nama, Surat Keterangan Beda Luas, Surat Kematian)

Batas Waktu pengajuan permohonan adalah sebagai berikut :
1. Permohonan Pembetulan SPPT, Pengurangan, Pembatalan SPPT dan Keberatan, batas akhir permohonan pengajuannay tanggal 30 Juni 2017.
2. Permohonan Mutasi paling lambat tanggal 14 Oktober 2017.
3. Permohonan Surat Keterangan NJOP, Objek Pajak Baru dan Salinan SPPT paling lambat 30 Desember 2017.

Berikut contoh Formulir – formulir yang dibutuhkan :

Exif_JPEG_420

Surat Permohonan

 

Exif_JPEG_420

SPOP

Exif_JPEG_420

Lembar lanjutan SPOP

 

Exif_JPEG_420

Lampiran SPOP ( gambar atas dan bawah )

Exif_JPEG_420

(Admin)