Brecek.desa.id; UPPKS Cipto Raharjo Desa Brecek masuk nominasi 3 besar di tingkat Propinsi Jawa Tengah. Hal itu ditandai dengan kedatangan Tim Penilai dari Propinsi Jawa Tengah pada hari Rabu, 03 Mei 2016 di Desa Brecek Kec. Kaligondang, Kabupaten Purbalingga.

Exif_JPEG_420

Keterangan gambar : Penampilan Kesenian Tek-tek

Kedatangan Tim Penilai dari Propinsi beserta tamu undangan lainnya ke Desa Brecek disambut oleh Kesenian Tek-tek yang berada di depan kantor Balai Desa Brecek. Dan setelah memasuki ruangan disambut dengan bunyi Gamelan serta lantunan merdu suara sinden dari Grup Karawitan Perangkat Desa Brecek yang menyanyikan lagu Ricik Ricik, Gugur Gunung dan Lingga Mas.

img-20170503-wa0006

Keterangan gambar diatas : Kesenian Karawitan Perangkat Desa Brecek

img-20170503-wa0008

Keterangan gambar diatas : Tim Penilai dari Propinsi beserta Tamu Undangan

Exif_JPEG_420

Keterangan Gambar : Sambutan dari Tim Penilai dari Propinsi

Selanjutnya sebelum acara dimulai para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KB secara bersama-sama. Kemudian acara demi acara pun berjalan dengan lancar sampai acara inti yaitu Kunjungan ke Lokasi. Adapun Lokasi yang dituju adalah kediaman rumah Misharyati sebagai ketua UPPKS Cipto Raharjao di RT 02 RW 02 Desa Brecek sebagai tempat produksi Jamur sekaligus kantor UPPKS.

Exif_JPEG_420

Keterangan gambar : Tampak ibu Misharyati sebagai ketua UPPKS sedang menjelaskan produk unggulannya.
UPPKS merupakan kepanjangan dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera.UPPKS Cipto Raharjo ini berdiri pada tahun 2013.
Awalnya UPPKS ini berdiri dari Orgnisasi Aisyiah yang membidangi perekonomian. Dengan latar belakang tujuan dari ibu-ibu yang igin membantu suami untuk menambah penghasilan namun modal dan ketrampilan yang belum punya, kemudian oleh BLK Klampok kelompok ini mendapat pelatihan Jamur Tiram selama satu bulan dan sekaligus mendapat modal berupa media jamur tiram kurang lebih 2.000 log media jamur, mendapatkan alat-alat produksi dan mendapat kumbung ukuran 4 x 6 m.
Dengan berkembangnya waktu,kini kelompok tersebut mampu memproduksi Jamur Kuping dan sudah menjalin kerjasama kemitraan dari para investor.

Dalam kesempatan tersebut, UPPKS Desa Brecek juga menggelar produk selain jamur, yaitu ada hasil olahan seperti wajik, jenang tape, wajik kacang hijau, sriping, telor asin dan sebagainya. Selain itu hasil kerajinan tangan seperti sepatu dan tas rajut, bros dan hiasan- hiasan dari manik-manik.

Exif_JPEG_420

Keterangan gambar : Ibu-ibu anggota UPPKS menggelar produk olahan ( atas) dan ketrampilan tangan ( bawah)

Exif_JPEG_420

Semoga UPPKS ini berlanjut demi Peningkatan Kesejahteraan Keluarga khususnya di Desa Brecek, Kec. Kaligondang ini.(..)