Brecek.desa.id;“Website Desa itu Keren”, itu yang diungkapkan oleh Abub, panggilan akrab Mahbub Junaedi yakni admin webdesa dari desa Karangtengah kec. Kertanegara Kab. Purbalingga saat acara Bintek Website Desa di Pendopo Aboebakar Kec. Kaligondang.”Karena dengan adanya website desa bisa menandakan kalau desa tersebut lebih maju dan dikenal lebih luas” lanjutnya.

Peserta Bintek Website Desa di Pendopo Aboebakar Kec. Kaligondang

Bintek Website desa yang dilaksanakan di kec. Kaligondang ini,selain peserta dari admin website desa di kab. Purbalingga yang sudah aktif, juga mengundang desa-desa di Kec. Kaligondang yang belum punya website desa dengan harapan desa-desa di Kec. kaligondang ini bisa mempunyai website desa semua. Hal tersebut selaras dengan harapan pemerintah mengenai Keterbukaan Informasi Publik.

Sebagai narasumber bintek kali ini adalah Bp. Mohammad Ulil Albab,yaitu Tim Ahli Pembangunan Partisipatif. Menurutnya Admin website desa tidak harus dari perangkat desa,tapi warga desa juga bisa menjadi relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) ,artinya warga bisa ikut berpartisipasi meramaikan website desa, misal ada kegiatan-kegiatan yang bersifat positif,mereka bisa membuat berita dan gambar untuk kemudian diserahkan ke pengelola website untuk diterbitkan.

Narasumber Bp. Mohammad Ulil Albab diapit oleh Bu Baryati,S.Kom dan Bp. Sigit Purnomo dari Kominfo Purbalingga

Lain lagi yang disampaikan oleh Bp. Edi Triono dari Kominfo Purbalingga, menurutnya Sistem Informasi Desa (SID ) ini ada dua komponen, yaitu olah data dan olah informasi. Olah data misalnya data kependudukan, dan olah informasi diantaranya adalah website desa itu sendiri.
Adapun konten dalam website desa yang harus ada adalah :
1. Profil desa
2. Struktur Organisasi desa, termasuk BPD
3. Produk Unggulan
4. Potensi Desa
5. Anggaran
6. Berita

Abub, Admin Website desa Karangtengah kec. Kertanegara, yang mengungkapkan kalau Website Desa itu Keren, saat santai setelah acara Bintek selesai

Dalam acara ini, peserta dari admin website yang sudah lama aktif juga menyampaikan pengalamannya selama menjadi admin website desa. Kebanyakan mereka berangkat dari nol hingga bisa mengelola website desa, karena selain dari bimbingan ilmu dari Kominfo, rekan-rekan yang lain juga ikut membantu, karena dalam komunitas API(Agen Perubahan Infomasi) dan RTIK (Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi) kita biasa sharing dan berbagi ilmu.Jadi untuk admin website desa yang baru tidak perlu takut untuk memulai, karena kita bisa belajar bersama, dan lebih penting lagi karena Website Desa itu Keren. (NH)